Ads 468x60px

Labels

Senin, 07 Mei 2012

Jejaring Sosial Buatan Anak Indonesia



Hai Bloggers...
Sudah saatnya kita dukung hasil karya anak Indonesia. Meskipun kita belum bisa bekarya seperti mereka tapi dengan mendukung hasil mereka kita sudah ikut memperkenalkan karya anak bangsa. Berikut adalah contoh situs jejaring sosial asli karya anak Indonesia

1.      Adandu.com

Adandu adalah produser video indie, publisher, dan media vodcaster di Indonesia yang didominasi warna merah-putih pada tampilan situs jejaring sosialnya, mungkin untuk menunjukkan bahwa Adandu adalah buatan anak Indonesia. Adandu mulai diluncurkan dalam versi beta di bulan Oktober, 2009. Berdasarkan data Alexa pada Mei lalu laju pertumbuhan jumlah halaman website situs ini yang diakses (pageviews) dalam tiga bulan naik 6000%. Sedangkan laju waktu tinggal per orang (average time on set) tumbuh 2400%. Data ini menunjukkan fantastisnya situs ini sehingga meningkat pesat dan  terutama loyalitas para pengunjung yang mengakses Adandu.
Namun dalam waktu dekat ini Adandu.com belum bisa diakses karena masih dalam masa perbaikan. Tapi tenang saja Adandu akan segera hadir kembali dan bersaing dengan jejaring sosial lainnya.

2.      Digli.com

Digital Life atau Digli adalah situs jejaring sosial yang dinilai menggabungkan antara facebook dan kaskus yang dikhususkan untuk jaringan pertemanan yang bernuansa Indonesia asli dimana jejaring sosial ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan teman baru. Para pengguna Digli lebih mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya dan dengan berinteraksi satu sama lain para pengguna dapat membuat aktifitas bersosialisasi. Selain itu, berbagai fasilitas lain yang tersedia juga sangat mendukung para penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna-pengguna lainnya.

3.      Fupei.com

Friends Uniting Program Especially Indonesia yang disingkat dengan nama FUPEI ini adalah sebuah website komunitas yang berisi tentang persahabatan dan kreativitas di internet yang dikhususkan untuk kalangan Indonesia. Fupei telah menyediakan fasilitas seperti membuat grup, join grup, posting event invitations, dan terus mengembangkannya supaya bisa terus bersaing dengan situs jejaring sosial lainnya. Fupei.com mirip dengan twitter yang menggunakan @ untuk membalas, # (hastaghs), dan lain-lain. Tapi ada yang membedakan Fupei dengan twitter yaitu Fupei memperbolehkan share data yang lebih dari sekedar link dan teks untuk menjelajahi jaringan di internet.

4.      Indoface.com

Situs jejaring sosial yang dibuat oleh PT Tigastudio Web Development yang beralamat di Jl. Cipinang Lontar III No. 11 Jakarta, INDONESIA ini adalah situs pertemanan asli dari Indonesia yang menyediakan beberapa fitur seperti blog, my voice, radio, video, vote, dan IndoFace juga menyediakan layanan pasang iklan gratis untuk pengguna yang ingin mempromosikan barang ataupun sesuatu. Bagaimana? Apa sahabat bloggers ingin segera bergabung dengan Indoface.com? Segeralah mendaftar dan rasakan berbagai macam fiturnya yang pasti menarik yang didukung dengan tampilan yang menarik pula :D

5.      Kombes.com

Dari segi tampilan dan fungsi jejaring sosial ini hampir mirip dengan Facebook, bahkan Kombes.com ini dijuluki sebagai Facebooknya Indonesia karena memang kebanyakan anggotanya berasal dari Indonesia sendiri. Terlihat beberapa iklan yang ada di jejaring sosial ini, namun bagaimanapun juga kita harus tetap salut dan terus mendukung hasil kaya anak bangsa yang sudah ‘memodifikasi’ dan ‘meracik’ sehingga bisa menghasilkan kombes.com ini. Untuk mempromosikan jejaring sosial ini, admin kombes.com pun turun tangan untuk menyebarkan artikel tentang kombes.com pada setiap pengunjung yang mampir di kombes.com. untuk menjadi member, kita harus sign-up terlebih dahulu, setelah itu kita bisa bertemu para pengguna kombes.com yang ramah-ramah yang tidak lain adalah masyarakat Indonesia.

6.      Kongkoow.com

Dengan kombinasi warna yang menarik, situs jejaring sosial ini hadir di dunia virtual Indonesia. Dilengkapi dengan fitur yang lengkap seperti akun email, blogging, file sharing, game, map, movie, share photo, info music, dan video streaming yang tak kalah dengan situs jejaring sosial lain. Bahkan dalam Kongkoow.com ini sahabat bloggers dapat menemukan mall yang bernama Kmall alias Kongkoow Mall yang tak dimiliki jejaring sosial lain :D

7.      Koprol.com

Siapa yang tidak tahu jejaring sosial yang satu ini? Koprol merupakan situs jejaring sosial  yang menggunakan metode berbasis lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama Koprollers yang berada ditempat yang sama. Koprol tersedia dalam 5 bahasa yaitu bahasa Inggris, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Melayu. Setelah masuk log, pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama dan fitur-fitur menarik lainnya yang tak kalah hebat.

8.      Lilocity.com

Little Online City atau Lilocity adalah jejaring sosial yang dikembangkan sebagai medium berkumpul anak muda yang berkonsep Virtual World Society (VWS). Sandi Pinatabahri, Manajer Bisnis M-Stars, mengatakan, "Kami mengembangkan LILO ke arah VWS karena memang kami ingin memberikan tempat untuk anak-anak muda bersosialisasi, berkreasi, dan mengekspresikan dirinya di virtual world."
Namun sekarang website Lilocity telah diblokir dan ada pemberitahuan ‘LILO CITY is moving to FACEBOOK!’. Jadi jika ingin bergabung dengan Lilocity, Anda tinggal meng-klik tombol ‘Take Me There’ di paling bawah atau langsung mengunjungi facebook di http://apps.facebook.com/liloconnect/

9.      Mypulau.com

MyPulau adalah situs jejaring sosial yang terdaftar sejak 28 Agustus 2007, namun situs jejaring sosial ini baru aktif baru-baru ini. Sehingga pada tahun 2011, mypulau.com ini di hak cipta oleh pihak Telkomsel. Situs jejaring sosial ini memiliki fitur yang hampir sama dengan jejaring sosial lain, namun yang membedakan mypulau dengan yang lain dan bahkan tidak dimiliki oleh facebook dan twitter yaitu kita ditempatkan di sebuah pulau dimana kita dapat melakukan atau kustomisasi pulau tersebut sesuai selera kita yang didukung dengan tampilan gambar yang dinamis. Fitur-fitur didalamnya yaitu chatting, update status, upload photo, share blog, event, bahkan jual beli barang dengan pengguna lain, dan tentunya kamu mendapatkan gratis pulau selamanya :D



Itu adalah beberapa situs jejaring sosial karya anak bangsa yang patut kita dukung dan kita banggakan yaitu dengan mendukung, mengakses, meramaikan, dan mempromosikannya. Sayang jika karya mereka tak ada yang menggunakan dan akhirnya terbuang percuma seperti yang dialami oleh beberapa situs. Oleh karena itu, mari kita dukung karya mereka sehingga anak bangsa tidak akan berhenti berkarya membanggakan bangsa kita. INDONESIA.

Masih banyak karya anak bangsa yang belum terjamah oleh Si Chezter :D
Jika ada situs jejaring lain buatan anak bangsa, Silahkan tinggalkan jejak dan kabari Si Chezter :D

4 komentar:

  1. peticpetic.web.id ndak masuk i.. huuuuuuuuuuuuuu

    BalasHapus
  2. Sepertinya websitenya bernasib sama dgn bbrapa website karya anak bangsa yg lainnya mau dihapus rik :(
    coba tnya admin nya langsung..@mifta

    BalasHapus
  3. cinta Indonesia??
    knapa gak pake bahasa sendiri??

    ataukah....
    burung perkutut sudah bisa berbahasa inggris...

    BalasHapus